Berburu Manga dan Novel Boys Love di Hiroshima (Bagian Awal)

Pernahkah Anda, para fujoshi, bermimpi untuk ke Jepang? Saya kira hampir setiap fujoshi memimpikannya, ya. Tentu saja tak terkecuali saya sendiri. Suatu hari, salah satu impian terliar saya akhirnya menjadi nyata dengan cara yang tak terduga beberapa tahun lalu.

Kesempatan untuk belajar di Jepang selama 1 tahun di Universitas H tentu saja harus disyukuri. Hanya saja, yah namanya juga hidup, apa yang saya alami di sana tak selalu berjalan mulus dan menyenangkan. Di saat sulit itulah manga dan novel boys love menjadi penopang jiwa saya. Mungkin terdengar berlebihan, tapi begitulah kenyataannya. Saya ingat sekali sewaktu mengalami hal yang sangat tidak menyenangkan, saya mengayuh sepeda sambil menangis, menembus hujan salju ke Animate terdekat untuk beli manga BL.

Sangat dramatis, bukan?

DSC01141.JPG

Ilustrasi hari bersalju nan kelabu itu.

DSC01100.JPG

Smells Like Green Spirit karya Nagai Saburou yang saya beli di hari kelabu itu. Walhasil, saya jadi menangis semalaman sampai mata bengkak.

 Boys love menjadi salah satu hal paling menyenangkan yang membuat saya mampu bertahan selama bertapa di gunung. Setiap bulan, setidaknya saya selalu membeli 4-5 manga atau novel BL. Kadang saya beli langsung di toko buku yang ada di supermarket dekat kampus, di mall setempat, atau Animate terdekat (30 menit naik sepeda dengan kecepatan saya).

Jika sedang muak bertapa di gunung, saya kabur ke Kota Hiroshima (ibukota Prefektur Hiroshima) untuk belanja manga/novel BL di Comi Comi Studio atau Animate Hiroshima sambil refreshing. Tapi, saya juga sering beli secara online dari Amazon.jp, Comi Comi Studio, Animate Online Shop, atau Toranoana, terutama untuk buku pre-order.

Kalau Anda ke Jepang, mungkin Anda berpikir “toko buku manapun di Jepang pasti punya stok manga/novel BL yang banyak sampai raknya berderet-deret!”. Akan tetapi, sayang sekali harapan tak selalu berbanding lurus dengan kenyataan. Berikut saya paparkan pengalaman dan “kenyataan pahit” di beberapa toko buku biasa maupun toko spesialis kebutuhan otaku/fujoshi yang pernah saya kunjungi di Prefektur Hiroshima.

Beberapa Toko Buku di Higashihiroshima:

  • Futaba Tosho dan BOOKOFF di youme Town Gakuen

Toko buku Futaba Tosho yang berada di lantai 2 supermarket youme Town ini tak terlalu besar. Koleksi manga-nya cukup banyak tapi hanya memiliki 1 rak kecil khusus untuk manga BL, itu pun tidak sampai penuh. Biasanya hanya ada manga dari mangaka terkenal, Nakamura Shungiku dan Takanaga Hinako. Tapi bisa dibilang cukup up to date karena setiap bulan nyetok beberapa manga baru, seperti Yatamomo karya Harada dan Umibe no Étranger-nya Kii Kana. Koleksi novelnya lebih menyedihkan lagi, tak lebih dari 10 buku. Meski setiap bulan selalu ada 1 judul baru, seperti Oyasuminasai, Mata Ashita-nya Nagira Yuu.

Yang paling menyenangkan dari toko buku ini adalah tersedia majalah seiyuu dan majalah BL (Dear+, BExBOY, BExBOY GOLD, dll) yang tidak disegel! Jadi, kadang saya nebeng baca chapter Ten Count dan Itoshi no Nekokke terbaru.

Saya tidak beli manga bekas jadi tidak terlalu memperhatikan koleksi manga BL di BOOKOFF yang jadi satu dengan toko buku tersebut. Oh ya, BOOKOFF adalah toko di mana Anda bisa menjual atau membeli buku bekas. Kalau tidak salah ingat sih, sepertinya ada 2-3 rak besar berisi manga BL second. Melihat dari banyaknya koleksi BL second di BOOKOFF, berarti di kota kecil seperti ini pun banyak juga fujoshi-nya yah!

  • BOOKOFF Saijo Chuo

Saya hanya pernah mengunjunginya satu kali. Sepertinya sih koleksi boys love second-nya cukup banyak, setidaknya jika dibandingkan koleksi boys love baru di toko buku biasa.

  • TSUTAYA Fuji Grand Higashihiroshima

Koleksi manga boys love di TSUTAYA sama saja menyedihkannya. Hanya ada 1 rak kecil, kadang dicampur dengan manga dari genre lain. Manga BL baru pun hanya ada 2-3 judul saja. Novelnya juga sedikit tapi kalau tidak salah ingat, jumlahnya lebih banyak daripada yang di youme Town. Ada juga majalah boys love yang tidak ada di Futaba youme Town Gakuen tapi disegel, jadi tidak bisa nebeng baca deh.

  • Keibunsha di youme Town Higashihiroshima

Sama saja dengan dua toko buku sebelumnya, koleksi manga BL di Keibunsha hanya ada 1 rak kecil. Kadang koleksinya cukup up to date, ada 2-3 judul baru yang terbit tiap bulan. Demikian juga dengan koleksi novel, tak terlalu banyak dan raknya bercampur dengan genre novel yang ditujukan untuk perempuan.

  • Kinokuniya Saijo

Di sini pun juga tak terlalu berbeda, saya hanya menemukan koleksi manga dan novel BL yang jumlahnya tidak terlalu banyak. Karena lokasinya cukup jauh dari asrama, jadi saya hanya pernah 2-3 kali ke toko buku yang satu ini.

Beberapa Toko Buku di Kota Hiroshima:

  • Junkudo Hiroshima Ekimae

Saya hanya pernah sekali ke sini dan hanya lewat selintas, jadi tidak terlalu ingat berapa banyak koleksi BL-nya. Sepertinya sih hanya ada 1 rak khusus manga BL.

  • Futaba Tosho GIGA Hontsuu

Saya hanya mengunjungi toko buku ini satu kali dan sesuai dugaan, koleksi boys love-nya tak terlalu banyak.

  • BOOKOFF

BOOKOFF Hiroshima memiliki koleksi boys love second yang sangat banyak dan bisa dibilang cukup lengkap mulai dari yang lama sampai terbaru. Kalau tidak salah ingat, ada sekitar 3-4 rak atau malah lebih yang berisi buku BL. Berhubung saya tidak beli BL second jadi saya tidak pernah berburu manga/novel BL di sini.

One thought on “Berburu Manga dan Novel Boys Love di Hiroshima (Bagian Awal)

Leave a Reply

